Budaya Pampang, Samarinda : Dalam memeriahkan Ulang Tahun ke-27 dan Pesta Panen Desa Budaya Pampang, masyarakat Desa Pampang menggelar Festival Budaya Dayak Kenyah. Pesta Panen ini sendiri rutin digelar setiap tahunya antara bulan Mei dan Juni.

Sekertaris panitia kegiatan, Yusak Lukas, mengatakan kegiatan ini berlangsung pada 18 hingga 20 juni 2018 dipusatkan di Lamin Pemung Tawai Pampang. Kegiatan diisi dengan pentas kesenian meliputi tari diantaranya kancet Lasan, Kancet Punan, Kancet Ajai, Hudoq dan tari Enggang.

Lanjut Yusak, animo masyarakat cukup tinggi untuk melihat langsung tari-tarian yang biasanya hanya digelar pada akhir pekan tersebut. Terbukti, jumlah pengunjung hingga hari kedua mencapai ribuan wisatawan yang berasal dari sejumlah kota di Kaltim bahkan dari pulau Jawa.

“Pengunjung mungkin sudah mencapai 2 ribuan lebih karena membludak sampai ke luar, dari Samarinda dari Jawa, Balikpapan bahkan daru luar Jawa banyak juga yang datang karena momennya tepat. Ada pertunjukan tari kolosal, tradisional lainya untuk meramaikan. Kita harapkan budaya kita tetap terjaga, lestari supaya dengan budaya ini sendiri masyarakat desa pampang dapat memanfaatkan apa hasil dari kegiatan yang kita lakukan ini,” terang Yusak, Selasa (19/6/2018).

Selain penampilan tari yang dibawakan penari dari berbagai kalangan usia, Festival Budaya Dayak Kenyah tersebut juga diisi dengan olahraga tradisional menyumpit, gasing dan Paleng. Masyarakat wilayah ini yang belum sempat menyaksikan pertunjukan pada hari pertama dan kedua, dapat datang dihari ketiga, Rabu 20 Juni 2018, karena diyakini akan lebih meriah, mengingat perunjukan besok merupakan penutup. (AF/AA)

 

SOURCE (RRI.CO.ID) : http://rri.co.id/post/berita/540729/budaya_dan_wisata/wisatawan_saksikan_pesta_panen_desa_budaya_pampang.html

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Budaya Pampang
MARI BERSAMA KITA KEMBANGKAN KEBUDAYAAN ADAT YANG DIMILIKI KELURAHAN BUDAYA PAMPANG
MARI KITA SUKSESKAN PILEG & PILPRES TAHUN 2019 DI KELURAHAN BUDAYA PAMPANG
KELURAHAN BUDAYA PAMPANG KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA